Pengertian Demokrasi Dan Maknanya

Artikelcerdas.com- Kebebasan berpendapat merupakan prinsip pertama demokrasi. Seperti pendapat Aristoteles demokrasi adalah kebebasan bagi setiap warga negara bisa saling berbagi kekuasaan dalam negaranya.

Oleh karena itu, demokrasi bergantung pada aspirasi rakyat secara umum. Pemerintah memutuskan kebijakan sesuai keinginan masyarakat agar terciptanya kepuasan rakyat melalui demokrasi.

Berikut contoh ciri-ciri negara demokrasi:

1. Memiliki Perwakilan Rakyat

Anggota Dewam Perwakilan Rakyat (DPR) merupakan lembaga legislatif yang dipilih dalam pemilihan umum yang berperan mewakili dan menyampaikan aspirasi rakyat.

2. Keputusan Sesuai Aspirasi Dan Kepentingan Masyarakat

Pemerintah membuat keputusan harus berlandaskan pendapat dari warga negaranya. Bukan untuk kepentingan pribadi atau kelompok, hal ini bertujuan untuk mencegah adanya korupsi.

3. Mengadakan Pemilihan Umum

Pemilihan umum dilakukan untuk memilih wakil rakyat yang akan menjalankan pemerintahan. Biasanya dilakukan secara berkala.

Demokrasi juga memiliki beberapa tujuan. Berikut contohnya:

1. Menghindari Perselisihan

Dalam negara demokrasi setiap konflik akan diselesaikan dengan cara bermusyawarah. Hal tersebut bertujuan mencegah adanya konflik antar kelompok sehingga masalah dapat diselesaikan secara damai.

2. Bebas Berpendapat

Setiap rakyat berhak menyampaikan aspirasi dan ekspresi mereka. Sehingga masyarakat juga berperan untuk menjalankan roda pemerintahan.

3. Keamanan Dan Ketertiban

Demokrasi dapat menciptakan masyarakat yang aman, tertib, dan sejahtera. Musyawarah merupakan solusi terciptanya keamanan di lingkungan masyarakat.

Demikian pula, semboyan berbeda-beda tetapi tetap satu seperti yang terdapat dalam lambang burung garuda pancasila berkaitan dengan pemerintahan demokrasi. Setiap bulu yang terdapat pada gambar memiliki makna tersendiri.

Jumlah bulu Garuda Pancasila memiliki makna yang melambangkan Hari Proklamasi Kemerdekaan yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945. Masing-masing sayap memiliki 17 helai bulu yang berarti tanggal kemerdekaan, 8 helai bulu pada ekor merupakan bulan kemerdekaan. 19 helai bulu pada pangkal ekor dan 45 helai bulu dileher yang berarti tahun kemerdekaan.

Sedangkan dari cara bersikap sabar dan toleran dengan siapapun adalah salah satu cara menyikapi adanya perbedaan di tengah masyarakat. Oleh karena itu, demokrasi dibutuhkan untuk menyikapi hal demikian.

Setiap simbol dari perisai yang terdapat pada burung garuda merupakan bagian dari demokrasi dimana setiap silanya memiliki makna. Seperti tidak bersikap boros merupakan sila kelima dimana ajaran pancasila mengatakan tidak menggunakan hak milik untuk pemborosan.

Semua keputusan yang diambil dalam musyawarah harus mengutamakan kepentingan bersama dimana hal ini juga di ajarkan oleh demokrasi. Saat musyawarah sudah menemui kata mufakat maka keputusan harus bisa diterima oleh semua pihak.

Demokrasi juga mengajarkan hidup rukun yang senantiasa dilakukan baik itu disekolah, rumah, maupun lingkungan masyarakat. Hidup rukun dalam perbedaan merupakan tatanan hidup bagi seluruh masyarakat.

Nilai demokrasi juga dapat ditunjukan dengan adanya pemberian suaranya terbanyak dalam pemilihan atau biasa disebut voting. Voting sendiri merupakan aspirasi dari rakyat untuk calon pemimpin berikutnya dimana suara terbanyak yang menjadi pemenangnya.

Negara Indonesia juga menganut sistem liberal yaitu sebuah ideologi bahwa kebebasan dan persamaan hak merupakan nilai utama dari politik.

Negara adalah sebuah kesatuan dimana masyarakat memiliki peranan penting dalam menjalankan pemerintahannya. Demikian pembahasan demokrasi ini, semoga bermanfaat untuk semuanya.

You May Also Like

About the Author: vika H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *