Cara Mematangkan Pisang Secara Organik

Kembali lagi di artikelcerdas.com kali ini admin akan memberkan tips bagaimana cara mematangkan pisang secara organik.

Banyak orang yang belum mengetahui cara mematangkan pisang secara organik, karena cara ini sangat sudah jarang sekali di lakukan orang-orang.

Padahal memtangkan pisang secara organik tidak akan menimbulkan bahaya, beda halnya dengan mematangkan pisang dengan cara memakai karbit atau dengan cairan kimia.

Jika mematangkan dengan karbit atau dengan cairan kimia itu sangat kurang baik untuk kesehatan, karena akan menimbulkan bahaya untuk kesehatan.

Cara Mematangkan Pisang Secara Organik

Cara mematangkan pisang secara organik memang agak rumit untuk di lakukan, karena cara ini memerlukan peralatan dan kesabaran, tapi jangan khawatir kalau kita ikhlas melakukannya pasti akan sangat mudah dan berikut adalah cara mematangkan pisang secara organik.

Untuk mematangkan pisang secara organik kita perlu mempersiapkan peralatan-peralatan.

1. Tentunya lahan tanah yang agak luas kurang lebih sekitar 2 kali 3 meter.

2. Garpu untuk menggali

3. Cangkul                     

4. Kayu papan dengan ukuran panjang sekitar 1 meter dan lebar kurang lebih 30 cm dan jumlah 5 batang.

5. 1 batang bambu ukuran 1 meter, jangan lupa tengahnya di buang

6. 20 kg pisang

7. Karung 2 biji

8. Daun kelapa kering 2 iket, sesuaikan dengan lobang bambu dengan panjang kurang lebih 30 cm.

Langkah langkah

Pertama tama kita gali tanah dengan garpu dan cangkul. ukuran tanah yang mau di gali sekitar 1 meter persegi dengan kedalaman 1 meter tapi bisa di sesuaikan tergantung pisang yang mau di masukan ke dalam tanah tersebut.

Jika sudah selsai letakan karung di dasar tanah yang sudah di gali, kemudian potong-potong dulu pisang dengan pisau 1 sisir satu sisir, jika sudah selsai masukan pisang ke dalam lobang yang sudah di gali dan di susun dengan rapi.

Dan masukan juga bambu, di letakan berdiri, lalu tutup dengan papan hingga rapi, jika sudah selsai tutup papan dengan tanah sampai tidak ada udara yang masuk.

Kalau langkah-langkah itu sudah selsai, selanjutnya proses pengasapan,

Untuk proses pengasapan pertama tama kita masukan daun kelapa kering yang sudah di iket kedalam bambu, jika sudah dimasukan, bakar dun kelapa tersebut dengan api sampai menyala, kipas dengan kipas bambu hingga api menyala besar, diamkan sebentar lalu tiup sebanyak 5 kali, lakukan itu sampai daun kelapa itu habis.

Setelah proses ngasap selsai, tutup lubang bambu dengan kain bekan hingga rapat, ulangi proses pengasapan setelah 17 jam. setelah proses pengasapan ke 2 selsai, angkat pisang tersebut. dan pisang sudah bisa untuk di makan.

Itulah proses cara mematangkan pisang secara organik.

Penutup

Terimakasih kepada teman-teman yang sudah mengunjungi artikel ini. semoga artikel ini bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: fidin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *