Kebakaran Hutan di Turki Menewaskan Banyak Korban

Kebakaran Hutan di Turki Menewaskan Banyak Korban

artikelcerdas.com – Sudah hampir seminggu lebih petugas pemadam kebakaran Turki tengah berjuang untuk memadamkan kobaran api di hutan.

Kebakaran yang terjadi pada Rabu lalu telah menewaskan delapan orang, disebabkan oleh angin kencang dan suhu yang sangat menyengat.

Sebagian penduduk dan turis telah melarikan diri dari resto dengan kapal kecil atau konvoi mobil dan truk.

Banyak penduduk desa yang kehilangan rumah dan hewan ternak mereka mengalami kesulitan bernafas.

Mentri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan bahwa ada sekitar 10.000 orang telah dievakuasi di propinsi Mugla saja.

Presiden Turki Racep Tayyip Edrogen mengatakan bahwa, Negaranya sedang memerangi kebakaran hutan terburuk sepanjang sejarah.

Pernyataan tersebut telah dilontarkan Erdogen ketika kebakaran hutan merembet hingga ke pembangkit listrik di barat daya Turki.

Reuters juga melaporkan bahwa kebakaran hutan di Turki menyebabkan banyak kerusakan yang sangat besar.

Penyebab Kebakaran di Turki

Dikarnakan suhu yang sangat tinggi dan angin kering yang kuat, Sehingga kebakaran mengakibatkan ribuan orang Turki dan turis asing harus meninggalkan rumah dan hotel di dekat pantai Aegea dan Mediterania.

Beberapa pesawat dan helikopter diterjunkan untuk memadamkan api, Tetapi pemerintah Erdogan menghadapi kritik atas skala dan kecepatan penanganannya.

Kebakaran ini sudah lebih dari sepekan terjadi dan kobaran api masih menyala di 16 titik pada Rabu (4/8/2021).

Tidak hanya Turki tetapi negara-negara tetangganya juga telah memerangi kobaran api yang dipicu oleh gelombang panas dan angin kencang.

Selain hutan, Kobaran api juga telah merembet ke pembangkit listrik tenaga batu bara di Milas, Turki Barat daya.

Pemerintah lingkungan mengaku prihatin dengan dampaknya jika api menjalar ke unit penyimpanan batu bara milik pembangkit listrik tersebut.

Beberapa pesawat pemadam kebakaran dari Spanyol dan Kroasia telah bergabung dengan tim dari Rusia, Ukraina, Iran, dan Azerbaijan siap untuk memerangi kobaran api setelah Turki meminta dukungan Eropa.

Hingga saat ini puluhan relawan yang berasal dari latar belakang berbeda bergabung dengan para petugas untuk padamkan kebakaran hutan di Marmaris, Turki.

You May Also Like

About the Author: RIDWAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *