Cara Menanam Mentimun Dan Pemupukan Pertama

CARA Mnudah Menanam Mentimun

Artikelcerdas.com – Tentunya kalian tau tentang mentimun dan ingin membudi dayakannya, agar Perekonomian kita bisa kembali stabil, maka dari itu admin akan menjelaskan bagaimana menanam mentimun yang baik dan benar. Mari kita kepembahasannya.

Langkah Pertama Pembenihan dan Penanaman

Langkah pertama yang harus sahabat lakukan untuk menanam mentimun adalah menyiapkan lahan yang cukup untuk menanam mentimun jika sahabat tak punya cukup lahan admin sarankan untuk menanam mentimun dengan media Polybag.

Jika sudah, lakukan perendaman dengan air hangat selama dua jam lalu tiriskan benih dan tutupi wadah yang berisi benih dengan kain lap atau plastik hitam. Agar benih bisa tumbuh dengan baik.

Lakukan hal itu pada malam hari atau pagi hari Jika benih sudah tumbuh tunas kecil yang ada diujung benih, alangkah baiknya sahabat segera lakukan penanaman karna itu adalah langkah yang harus di lakukan pada pagi hari atau sore hari dan langsung lakukan penyiraman setiap pagi dan pada sore hari.

Cara Pemupukan Pertama dan Kedua

Pemupukan pertama dan kedua dilakukan setelah tanaman mentimun sudah berusia 7 HST atau sudah memiliki 4 (empat) daun dan dosis yang di perlukan untuk pemupukan pertama 1 kg pupuk NPK dan 200 liter air.

Kenapa admin sarankan pupuk NPK 16:16:16. Dikarenakan tanaman mentimun cukup berbeda dengan tanaman sayur pada umumnya. Karna mentimun dalam masa pertumbuhan itu tidak dapat menerima kandungan (nitrogen) yang cukup tingi.

Dan jika terlalu tinggi Itu akan sangat beresiko dan tanaman mentimun akan mudah terkena penyakit.

Pemupukan di lakukan dengan cara di kocor, agar mentimun bisa cepat menyerap kandungan yang ada di dalam pupuk dan masa pertumbuhanpun akan lebih cepat. Pemupukan itu dilakukan disekitar pangkal batang mentimun.

Dengan dosis 200 ml pertanaman. Maka dari itu, 1 kg pupuk NPK dan 200 liter air itu bisa diaplikasikan sekitar 1000 tanaman mentimun.

Untuk pemupukan ke dua alangkah baiknya d lakukan 5 (lima) atau 6 (enam) hari setelah pemupukan pertama.

Jika sudah dilakukan pemupukan pertama dan keudua, lakukan pemupuk ketiga secara berkala dengan dosis yang berbeda-beda.

Akhir Kata

Itu dia tatacara dan info yang bisa admin berikan untuk kalian, untuk cara penanaman mentimumn yang berasal dari pengalaman admin sendiri. Semoga bisa bermanfaat untun kalian semua.

Jangan lupa admin akan berikan info-info menarik yang tentunya menarik untuk di baca.

You May Also Like

About the Author: Darmawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *